TUJUH GOLONGAN YANG MEMBUAT MAKAR KEPADA PARA TOKOH ISLAM

Street Sign to Noah Mausoleum in the city of C...Image via Wikipedia
















  1. Tipu daya kaum nabi Nuh pada nabi Nuh.


dalam surat 71:21-24 yang artinya ; Ya Tuhanku sesungguhnya mereka telah mendurhakai-Ku, dan telah mengikuti orang-orang yang hartan daqn anak-anaknya tidak menambah kepadanya melainkan kerugian belaka. Dan melakukan tipu daya yang amat besar. Dan mereka berkata “ Janganlah sekali-kali kamu meninggalkan penyembahan Tuhan-tuhan kamu dan jangan pula sekali-kali kamu meninggalkan penyembahan wadd, dan jangan pula suwaa’, yaghuts, ya’uq dan nasr. Dan sesudahnya mereka telah menyesatkan kebanyakan manusia dan janganlah engkau tambahkan bagi orang-orang yang dzolim itu selain kesesatan.


Nabi  Nuh as, adalah seorang nabi yang diutus oleh Allah untuk mengajak kepada kaumnya agar mereka beriman dan bertaqwa kepada Allah. Karena melihat pada waktu itu kaumnya banyak yang menyembah menyekutukan Allah dengan makhluk ciptaan-Nya, sehingga mereka berkeyakinan bahwa berhala-berhala yang mereka puja akan dapat memberikan pertolongan,memberikan sumber kekuatan, mendatangkan kemanfaatan, menurunkan rizki, kekayaan dan sebagainya.


Perjalanan Nabi Nuh dalam rangka mengajak dan menyeru umatnya untuk menyembah kepada Allah, kurang lebih seribu tahun kurang lima puluh tahun sebagaimana disebutkan dalam surat al-Ankabut ayat 14. Akan tetapi ajakan dan seruan nabi tersebut tidak mendapat perhatian dari kaumnya. Dan apabila beliau menakut-nakuti mereka dengan siksaan dan azab Allah sangat pedih, maka mereka menyombongkan diri bahkan menantang agar mendatangkan janji-janji dari Tuhannya yang berupa siksaan dan azab, jika Nuh adalah termasuk orang-orang yang benar dapat dipercaya. Bahkan sampai anaknya pun kan’an ikut mengejek dan tidak mengikuti perintah ayahnya.


Tidak lama kemudian Alah menenggelamkan bumi menjadi sebuah lautan besar, sehingga seluruh kaum nabi Nuh beserta putranya (Qona’an) yang membangkang ikut tengelam di bawah gelombang air yang besar. Dengan demikian binasalah kaum nabi Nuh yang kafir.





  1. Tipu daya kaum nabi sholeh yaitu kaum (Tsamud).


Nabi Sholeh diutus oleh Allah ditangah-tengah kehidupan kaumnya yang banyak menyembah berhala, ingkar dan kufur kepada Allah bahkan mereka senang berbuat kedholiman, pemerasan, pemerkosaan, pembunuhan, peperangan dan sebagainya. Padahal dalam kehidupan kamum tsamud ini oleh Allah diberikan suatu kenikmatan yang sangat besar berupa kecakapan dan kepandaian, sehinga mereka mampu memiliki kekayaan yang banyak, membangun rumah-rumah yang mewah diatas bukit-bukit, membuat jalan raya yang indah dan rapih, menjadikan tanah penghasilannya menjadi tanah yang subur, membangun kota-kota besar di atas gunung-gunung dengan dihiasi ukiran-ukiran. Akan tetapi mereka masih tetap ingkar dan menyembah berhala.


Nabi Sholeh dengan jerih payahnya mengajak kaum tsamud untuk beriman dan menyembah Allah. Tapi yang diterimanya adalah mengejek, menyangka bahwa nabi Sholeh terkena sihir, bahkan mereka meminta bukti-bukti yang nyata atas kebenaran Nabi Sholeh sebagai utusan Tuhan.


Tidak lama kemudian Allah mennjukan bukti-bukti nyata kepada mereka dengan memerintahkan Nabi Sholeh agar memukulbatu besar dengan disaksikan oleh mereka lalu batu tersebut keluar seekor Unta betina. Nabi Sholeh berkata : Wahai kaumku iniulah kekuasaaan Allah yang mengeluarkan seekor unta betina dari batu besar,maka dari itu jualah peliharalah dan janganlah sekali-kali kamumenyakiti,menyiksa ataupun membunuhnya, biarlah dia makan, minum dan tempat tingal sebagaimana layaknya manusia hidup. Setelah melihat kejadian tersebut, maka kaum tsamud semakin marah dan menentang setiap perkataan dan nasihat Nabi Sholeh, bahkan mereka sampai berbuat keji yaitu, menyiksa dan membunuh onta betina itu dengan main-main sambil memperlihatkan kekufurannya kepada Nabi Sholeh sebagai utusan Allah. Dan setelah onta itu mati, maka kaum tsamud mengadakan perundingan untuk membunuh nabi Sholeh. Akan tetapi Allah maha mengetahui setiap kehendak manusia, maka dibinasakan seluruh kaum Tsamud yang tidak beriman dengan diberkan azab berupa petir yang amat keras, sehingga mereka hancur dan binasa seluruhnya kecuali mereka yang setia dan patuh kepada Nabi Sholeh.


  1. Pembunuhan Nabi Yusup oleh saudara-saudaranya :
  2. Penghianatan kaum nabi musa : 20:63
  3. Makar kaum nabi isa 3:54
  4. Makar pembersar kaum kuraisy pada nabi muhammad 8 : 30
  5. Tipu muslihah keji bani israil terhadap larangan Allah pada hari sabtu

Reblog this post [with Zemanta]

0 komentar:

Posting Komentar